Sun - Sat : 11:00 - 20:00

Blog

Caption placed here

Cara charge HP yang benar

/ /
View94
1.­Pakai Charger Asli
Kamu harus menggunakan charger asli bawaan pabrikan karena charger asli sudah diatur untuk bias mengisi baterai HP dengan baik. Jika memang lupa membawa charger bawaan dan meminjam charger orang, perhatikan kualitas charger tersebut dengan cek voltase dan juga ampere di bagian kepala charger apakah sudah sama dengan kinerja charger bawaan.  

2. 
Tidak Sampai 100 persen
Banyak orang yang salah kaprah tentang pengisian penuh. Sebagian besar pengguna pasti akan mengisi daya baterai HP hingga 100 persen. Padahal ngecas HP yang paling ideal justru bukan saat penuh, tetapi sekitar 80 persen saja. Justru sering mengisi daya terlalu penuh pada beberapa smartphone berpotensi mengurangi umur baterai. Ada penjelasan ilmiah di balik cara ini. Ketika daya baterai semakin mendekati kosong, baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah. Tegangan tersebut perlahan-lahan akan meningkat  seiring pengisian daya yang sedang berlangsung, lalu menaikan daya pada level 70 persen, hingga kapasitas penuh.

3.  
Jangan sampai benar-benar habis
Cara ngecas HP yang baik adalah ketika daya HP tidak benar-benar habis. Jadi, ketika daya baterai masih kisaran 30-40 persen, kamu barulah mencas HP kamu. Jangan sampai kamu mencas HP ketika baterai habis 0 persen karena akan membuat umur baterai berkurang.

4. 
Matikan HP saat Ngecas

Sebaiknya, kamu mematikan HP ketika ingin mengecas HP karena akan jauh lebih stabil daripada dalam keadaan menyala.

5. 
Turunkan Kontras Layar HP

Sebagi catatan, Jika kamu ngecas HP dalam keadaan menyala, sebaiknya kamu menurunkan kontras layar HP. Kontras layar adalah factor utama yang membuat baterai HP kamu lebih cepat habis.

6. 
Jangan keseringan pakai power bank

Power bank adalah benda elektronik yang sering jadi teman berpergian banyak orang. Benda ini adalah penyelamat ketika kamu ingin tetap terhubung dengan HP saat baterai hamper kosong. Penggunaan power bank untuk ngecas HP sebenarnya sah-sah saja. Namun, ngecas HP memakai power bank akan berpotensi membuat umur baterai HP menjadi berkurang. Bahkan, bisa membuat baterai HP drop.

7.  
Hindari Ngecas Lewat port USB PC / Laptop
S
ebaiknya, kamu ngecas HP langsung colok ke stop kontak atau terminal colokan listrik. Jangan ngecas HP dengan menggunakan port USB computer karna mengisi daya lewat port USB laptop atau computer cenderung lambat mengingat arus yang masuk biasanya hanya 0,5 A saja.

8. 
Lepas Casing HP

Beberapa tipe HP baisanya menjadi hangat ketika dicas dan casing masih terpasang. Biasanya hawa hangat ini muncul karena terhambatnya pembuangan hawa panas saat sedang pengisian.

9.  
Jangan Ditinggal Tidur (Nanti kangen, eh bukan gitu)

Mengisi daya secara terus-menerus bisa menyebabkan timbulnya lapisan lithium metalik, yang mana lama kelamaan bisa mengurangi stabilitas baterai dan membuat system mengalami malfungsi dan reboot.